Sejarah Kuliah Kerja Nyata - KKN Unsyiah 2014

728x90 AdSpace

Trending
IQBAL PERDANA. Diberdayakan oleh Blogger.

Salam

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Saran beserta komentar anda kami tunggu. -Salam Kelompok1 KKN Unsyiah 2014

Pengikut

Pengunjung

Ad Home

Magazine

Videos

Recent Posts

Header Ads

Sports

Beauty

Culture

Popular Posts

Desember 19, 2013

Sejarah Kuliah Kerja Nyata

KKN Unsyiah (Dok: Kelompok 1)

SEJARAHNYA, Kuliah Kerja Nyata di negeri kita merupakan kegiatan yang di “gagas” pertama kali oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Sejak tahun 1951 UGM mengerahkan mahasiswa ke luar Jawa sebagai guru yang mengajar pada Sekolah Lanjutan Atas. Kegiatan ini disebut Pengerahan Tenaga Mahasiswa (PTM) yang merupakan bentuk pertama dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan ini terhenti tahun 1962 karena masalah keuangan negara saat itu. Pada tahun 1971 diselenggarakan KKN yang dicetuskan oleh Prof. Dr. Koesnadi Hardjasoemantri, SH dan KKN tersebut dipertahankan sebagai program wajib bagi mahasiswa UGM hingga sekarang. Program KKN mengalami perkembangan sebagai akibat dari kondisi dinamika masyarakat. Pada tahun 1994 UGM menyelenggarakan Program KKN Alternatif Pemantau Pemilu (KKN APP). Selanjutya sebagai respon dari kondisi krisis di Indonesia pada tahun 1998 mulai diselenggarakan.


Program KKN dengan mengangkat tema-tema tertentu, sehingga Program KKN disebut KKN Tematik. Mulai tahun 2006 Program KKN disebut Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Program KKN-PPM merupakan respon UGM terhadap kuatnya tekanan globalisasi pada lapisan masyarakat di Indonesia.

Perubahan KKN menjadi KKN-PPM ditandai dengan adanya perubahan paradigma, yaitu paradigma pembangunan menjadi pemberdayaan, sehingga pelaksanaan Program KKN-PPM menjadi lebih kontekstual. Dengan ini diharapkan agar Mahasiswa mampu menjadi pemimpin sejati, yaitu pemimpin yang memiliki empati dan dan peduli terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Sumber: sukatulis.wordpress.com
Sejarah Kuliah Kerja Nyata Reviewed by Red on 21.06 Rating: 5 KKN Unsyiah (Dok: Kelompok 1) SEJARAHNYA , Kuliah Kerja Nyata di negeri kita merupakan kegiatan yang di “gagas” pertama kali oleh Univ...

Tidak ada komentar: