Lempar Grancok patok Lele - KKN Unsyiah 2014

728x90 AdSpace

Trending
IQBAL PERDANA. Diberdayakan oleh Blogger.

Salam

Terima kasih telah mengunjungi blog kami. Saran beserta komentar anda kami tunggu. -Salam Kelompok1 KKN Unsyiah 2014

Pengikut

Pengunjung

Ad Home

Magazine

Videos

Recent Posts

Header Ads

Sports

Beauty

Culture

Popular Posts

Januari 14, 2014

Lempar Grancok patok Lele

Ilul Melompat (Foto: Iqbal Perdana /Kelompok I)
Namanya Ilul, salah satu gadis cilik Desa Jagong, Kecamatan Jagong Jeget. Tangannya lihai melempar Groncok, sebutan untuk batu yang dilempar sebagai mata pada permainan Patok Lele.

“Lompat Merono (lompat kesitu –red),” perintah Ilul kepada lawan mainnya. Ia dan empat temannya asyik bermain patok lele, permainan rakyat yang biasa dimainkan anak-anak Sekolah Dasar.

Kala itu, kami para mahasiswa KKN sedang sibuk membenahi lokasi tempat tinggal. Syukur, selama dalam perjalanan sampai ke tempat tujuan, kami tidak menemukan kendala. Hanya kelu dingin yang terkadang menggeretakkan gigi kami.

Ilul dan teman sebayanya (Foto: Iqbal Perdana/ Kelompok I)
Ilul asyik bermain bersama teman-teman sebayanya, lokasinya tepat di samping gedung PAUD. Di sebuah areal seluas lapangan tenis dengan lantai rumput campur tanah, sebatang pohon jambu menancap disisi kiri areal mereka bermain.
Sesekali mereka mengusap peluh yang tertumpuk di alis mata, kadang membersihkan siku ketika tak sengaja rubah kala melompat.

Ada enam kotak yang digambar menggunakan ujung kayu, bentuknya menyerupai wujud manusia. Peraturannya, Groncok dilempar ke seluruh kotak secara berurutan, dimulai dari kotak yang paling dekat. Setelah Groncok dilempar, si pemain tidak boleh menginjak kotak yang dinaungi Groncok, pemain harus menginjak setiap kotak dan terakhir mengambil Groncok.
Grocok (Iqbal Perdana /Kelompok I)

Di Gampong Jagong, Groncok tidak boleh ditukar-tukar. Dari permainan dimulai sampai permainan selesai harus menggunakan grancok  yang sama.

Ilul dan teman-temannya biasa bermain setelah shalat Ashar, teman-temannya tanpa dikomandoi pun sudah hadir dilokasi, “Gak tunggu-tunggu lagi bang, langsung main,” kata Ilul dengan aksen jawanya.
Lempar Grancok patok Lele Reviewed by Red on 07.28 Rating: 5 Ilul Melompat (Foto: Iqbal Perdana /Kelompok I) Namanya Ilul, salah satu gadis cilik Desa Jagong, Kecamatan Jagong Jeget. Tangannya liha...

Tidak ada komentar: